[160227] EXO From EXOPLANET #2: The EXO’luXion in Jakarta #EXOLUXIONINA

I met them!

Jadi, kemarin (27/02) adalah hari dimana EXO menggelar konser kedua mereka di Jakarta. Walaupun niatnya mau bikin postingan ini jadi semacam fanaccount untuk ngasih info ada apa aja ke fans yang nggak bisa nonton live, tapi ternyata aku sendiri juga nggak dapet banyak :” So, aku mau cerita-cerita biasa aja ya.

Aku berangkat dari Jogja bareng rombongan EXO-L Jogja dan sekitarnya hari Jum’at siang jam 14.00 WIB dan tiba di venue konser (ICE – BSD City Serpong) hari Sabtu sekitar pukul 08.00 WIB. Walaupun masih terbilang pagi dan masih lama dari waktu konsernya, tapi venue sudah mulai dipenuhi para EXO-L.

Banner The EXO'luXion yang sudah terpasang di ICE sejak beberapa hari sebelum konser.

Banner The EXO’luXion yang sudah terpasang di ICE sejak beberapa hari sebelum konser.

Setelah sarapan bersama, mulailah kita (rombongan EXO-L Jogja) menjelajah ICE. Aku sendiri mencari lokasi penukaran tiket, karena tiket yang aku punya masih berupa e-ticket yang perlu ditukarkan ke tiket fisik. Proses antri tiket relatif cepat, mungkin juga karena masih pagi dan belum terlalu banyak yang datang untuk menukarkan tiket, atau sudah ada yang menukarkan sejak H-1.

Tiket fisik EXO PLANET #2 : The EXO'luXion in Jakarta

Tiket fisik EXO PLANET #2 : The EXO’luXion in Jakarta

Setelah tiket fisik berhasil didapatkan, berikutnya adalah queue number (nomor antrian). Info awal dari promotor adalah nomor antrian akan digunakan untuk masuk ke venue supaya lebih rapi dan tidak ada yang datang terlalu awal atau sampai membangun kemah untuk menginap demi masuk lebih awal. Setelah mengantri nomor antrian (sesuai yang telah di-publish di web promotor) yang cukup lama karena cukup panjang, maka dimulailah penantian kapan konser akan dimulai. Nomor antrian berupa pin yang bertuliskan nomor. Setelah mendapatkan nomor antrian ini, maka kita tidak bisa keluar gedung, karena saat masuk juga kita sudah melewati security dan body check di gate pertama dan saat akan masuk hall.

Nomor antrian

Nomor antrian

Yang sangat disayangkan adalah nomor antrian ini sama sekali tidak berguna. Jadi kesannya kita yang sudah mengantri untuk nomor antrian ini hanya wasting time berdiri lama sampai pegal tapi ternyata nomor antrian tidak digunakan. Saat sudah waktunya open gate dan masuk ke hall 7 dimana konser dilaksanakan, tidak ada security yang mengatur barisan supaya sesuai nomor, tetapi hanya menyuruh barisan yang sedang duduk menunggu untuk berdiri dan mulai mengatur untuk masuk ke hall 7 tanpa mempedulikan nomor antrian. Alhasil banyak mereka yang memiliki nomor antrian 1000 lebih tetapi bisa masuk duluan dan mendapatkan tempat di depan, sedangkan mereka yang memiliki nomor antrian 100 justru masuk belakangan.

Selain nomor antrian, aku tidak terlalu mempermasalahkan hal-hal lain. Well, selain ketidakhadiran Lay yang baru diumumkan pada hari H pukul 12.00 WIB. I’m so disappointed! Bahkan sampai terpikir niatan untuk jadi calo karena Lay nggak ada sedangkan bias-ku adalah Lay. Tapi setelah dipikir-pikir, kayaknya tindakan itu terkesan seperti tidak menghargai member EXO yang lain yang sudah jauh-jauh terbang dari Korea dan sudah berusaha keras untuk memberikan konser terbaik bagi EXO-L Indonesia. So, I stay, demi delapan member lain.

Aku sudah masuk ke hall konser pada pukul 17.00 WIB. Di section green sudah cukup banyak terisi fans. Sayang daku kurang tinggi jadi agak susah untuk melihat ke depan :” Setelah agak nyempil-nyempil sedikit, akhirnya bisa lah lumayan melihat ke panggung walaupun harus jinjit-jinjit. Banyak fans di depan yang memakai bando-bando nama, dan sejujurnya itu mengganggu fans-fans yang di belakang untuk menonton, terutama yang tidak terlalu tinggi, seperti aku T_T

Suasana di dalam hall sebelum konser dimulai.

Suasana di dalam hall sebelum konser dimulai.

Setelah cukup lama menunggu, akhirnya konser dimulai pada pukul 18.30 WIB. Konser dimulai dengan Opening VCR dan lagu Overdose. I still can’t believe I hear them live! Chen’s voice never fail to impress me! I like it so much when Chen and Chanyeol said, “Are you ready?!” Their voice’s so sexy! >.<

Sejujurnya, aku kurang bisa menikmati konser selama paruh pertama. The section is too crowded dan banyak kejadian dorong-mendorong. Saking crowded-nya juga banyak fans yang pingsan selama konser berlangsung. Saat lagu “Playboy”, Sehun dan Kai ada di depan section green sebelah kanan. Hampir semua yang ada di section green otomatis condong ke arah kanan, dan pada akhirnya, banyak yang jatuh karena terdorong dan akhirnya berefek seperti domino yang jatuh dan banyak yang saling tumpang tindih. Aku juga termasuk salah satu yang terjatuh. Sangat disayangkan karena pada saat kejadian juga tidak banyak fans yang peduli dan membantu yang lain untuk berdiri. Mereka justru memanfaatkan kesempatan untuk bergerak lebih maju. Tetapi aku juga mengucapkan terima kasih pada mereka yang rela diganggu acara menonton konsernya selama beberapa menit untuk membantu kami yang terjatuh untuk berdiri lagi.

SeKai "Playboy" Stage

SeKai “Playboy” Stage

Karena ada insiden jatuh tadi juga, aku melewatkan stage “Baby Don’t Cry” dan sama sekali tidak bisa melihat adegan basah-basahan Kai dan Sehun T_T. Semua fans sepertinya menantikan stage itu, karena semua langsung menjadi heboh ketika intro lagu “Baby Don’t Cry” diputar.

But it’s okay! I got my favourite “Don’t Go” stage. And I never know that their REMIX stage would be that cool!

EXO "Don't Go" Stage

EXO “Don’t Go” Stage

and

EXO "Christmas Day" Stage

EXO “Christmas Day” Stage

and

REMIX time with DJ Chanyeol

REMIX time with DJ Chanyeol

We all know that EXO is full of handsome good-looking boys. Looking at them for real for the first time, I must say: “WOW! THEY’RE REALLY HANDSOME! ALL OF THEM!”

I’m not joking. Aku ada di section green dan berkali-kali mereka lewat di depan section green, so I saw them all. Mereka semua beneran ganteng. Not to mention Sehun. I doubt that he’s a human. Kalau ini dunia Percy Jackson, aku mungkin akan mengira Sehun itu demigod (manusia setengah dewa atau keturunan dewa). Mungkin dia putra Dewi Aphrodite (dewi kecantikan), makanya bisa ganteng pake banget. Hehehe. Sehun kelihatan kurus dan tinggi. Kakinya beneran panjang banget.

Chanyeol kelihatan seperti sedang bad mood. Entah kenapa, saat foto-foto preview di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta hari sebelumnya juga Chanyeol kelihatan murung. Mungkin Yeollie lelah ya :”D He’s so tall and big! Kakinya panjang dan badannya besar. Chanyeol emang giant baby, saudara-saudara.  Setelah lagu El-Dorado, EXO melakukan perkenalan dan Chanyeol meminta fans untuk tidak saling mendorong ke depan. EXO tidak ingin fans terluka dan Chanyeol meminta fans untuk berjalan tiga langkah ke belakang (walaupun aku nggak merasa section green mundur tiga langkah, atau ini hanya perasaanku aja? Hehe).

20160227_201959

Salah satu yang membuatku terpana adalah kegantengan Baekhyun yang sebenarnya. Di antara fans Indonesia, Baekhyun mungkin dikenal sebagai “cabe” (walaupun aku nggak menggunakan kata itu untuk menyebut Baekhyun karena nggak paham darimana asal-usul mengapa Baekhyun disebut seperti itu. Hehe). Baekhyun mungkin memang dikenal ‘cantik’ oleh para fans. Akan tetapi saudara-saudara, sesungguhnya Baekhyun itu ganteng loh. He’s not pretty, he’s handsome. Dia juga nggak kelihatan feminim, tapi justru terlihat manly, walaupun ia juga nampak lebih kurus. Baekhyun juga main piano waktu lagu “My Answer” and I must admit it. I never fall for him like I fall for him that time.

20160227_204546

Xiumin is the other cases. I never thought that Xiumin would be that handsome. Really, aku nggak pernah berpikir mengenai kegantengan Xiumin sebelumnya, dan memang waktu aku melihatnya langsung, he’s so handsome!

D.O memang mungil dan unyu banget, tapi bukan berarti dia pendek ya. D.O nggak pendek kok. Dia cuman ada di tempat yang salah tiap kali berdiri di samping Chanyeol, because that giant baby will make him looks small. LOL xD . D.O is so cute dan juga selalu tersenyum ke arah fans.

20160227_211027

Kai is always the hottest! Berbeda dengan ‘penampakan’-nya saat sedang photoshoot (yang lebih sering terlihat diam dan cool), Kai sangat ramah dan selalu tersenyum pada fans. Kai juga nggak hitam-hitam amat loh, walaupun ini mungkin karena standar ‘hitam’ Korea dan Indonesia berbeda ya.

And OH MY GOD I fall for Chen even more than before! He’s handsome and sing so well. Wajahnya Chen bener-bener kelihatan ramah dan baik banget. Dia juga selalu tersenyum ke arah fans dan melambaikan tangannya. Aku lupa pas lagu apa (kalau nggak salah waktu “Miracle in December”), Chen sempat berhenti bernyanyi dan membiarkan fans yang bernyanyi sambil tersenyum.

20160227_210238

Suho is always being Suho, our great leader. Suho nggak kelihatan terlalu awkward. Hehe. He’s so handsome and when he smile, OMG! I can’t even describe it.

20160227_210812

Pada saat MENT, EXO sempat mengatakan bahwa fans Indonesia sepertinya menyukai dan hanya memiliki foto-foto wajah jelek mereka saja. Ini mungkin karena mereka melihat banyak banner atau kipas wajah mereka yang lucu bagi fans tetapi mungkin aneh bagi mereka (akui aja, fans kadang suka sama foto derp idol-nya, sedangkan bagi idol sendiri mungkin itu aib. lol).

Sayang karena tidak ada lagu “Promise”, tetapi hanya ada VCR dengan background piano “Promise”. Walaupun bagiku juga tidak lengkap rasanya kalau lagu “Promise” dinyanyikan tanpa Lay :” Fans juga ikut menyanyikan lirik lagu “Promise” selama VCR ditayangkan.

Pada MENT terakhir, dimulailah project EXO-L Indonesia, yaitu mengangkat banner yang bertuliskan “TERIMA KASIH EXO”, yang kemudian dilanjutkan dengan membalik banner tersebut menjadi tulisan hangul yang berarti “Kita harus bertemu lagi” pada saat lagu terakhir. Setelah MENT terakhir, EXO menyanyikan “Love Me Right” dan setelah itu lampu digelapkan dan diputar VCR Promise. EXO kemudian muncul kembali menyanyikan “Sing for You”. Fans ikut bernyanyi bersama sepanjang lagu sebagai salah satu project juga. Disini aku sempat melihat dari layar D.O menyanyi sambil tersenyum dan kedua matanya melihat sekeliling, mungkin membaca tulisan dari banner yang di angkat oleh fans.

Banner "TERIMA KASIH EXO"

Banner “TERIMA KASIH EXO”

and

"Kita harus bertemu lagi"

“Kita harus bertemu lagi”

Saat perpisahan tiba. EXO membahas mengenai banner yang diangkat oleh para fans. Saat mengucapkan perpisahan, EXO berkali-kali mengatakan bahwa kita harus bertemu lagi dan mereka pasti akan kembali. Suho membaca banner “TERIMA KASIH EXO” dan berkata juga, “Terima kasih EXO-L.” Suho juga mengatakan bahwa banner bertuliskan “TERIMA KASIH EXO” membuatnya terharu. Ia berkata seharusnya EXO-lah yang lebih dulu mengucapkan pada fans bahwa mereka akan bertemu lagi, tetapi ternyata justru fans yang mengucapkan hal itu terlebih dulu pada mereka.

Di MENT akhir, Chanyeol berkata bahwa fans Indonesia bernyanyi dengan sangat baik dan bahwa lain kali mereka akan datang lebih awal. D.O berkata dengan keras bahwa kita (EXO dan EXO-L) harus bertemu lagi. Kai juga menunjukkan perhatiannya pada fans dengan bertanya apakah kaki fans tidak sakit terus menerus berdiri (semua section standing) dan meminta fans untuk mandi air panas nantinya. Kai berkata bahwa fans tidak perlu khawatir karena kita pasti akan bertemu kembali dan mengakhirinya dengan mengatakan, “saranghaeyo.” Chen mengucapkan perpisahannya dengan meminta fans berjanji untuk datang lagi lain kali dan berkata, “Terima kasih, Jakarta”. Xiumin juga sempat berkali-kali mengatakan “Aku cinta”, “Aku cinta”. Maksudnya mungkin Xiumin mau bilang “Aku cinta kalian,” karena dia mengatakan “saranghae” setelah itu. He’s so cute when say that! Baekhyun mengatakan “terima kasih” dengan sangat lucu dan mengakhirnya dengan “saranghaeyo” dan “kita akan bertemu lagi”. Sehun berkata bahwa ia sangat menikmati konser ini dan juga mengatakan kita harus bertemu lagi.

EXO MENT akhir saat akan mengambil selca bersama silver ocean

EXO MENT akhir saat akan mengambil selca bersama silver ocean

Konser ditutup dengan lagu terakhir, yaitu Unfair. Akhirnya konser berakhir sekitar pukul 21.00 WIB dengan janji dari EXO bahwa mereka akan kembali lagi ^^

The truth is, banyak lagu-lagu EXO yang sebelumnya nggak terlalu aku perhatiin, tapi karena konser kemarin, aku jadi suka sama lagu itu. Misalnya aja “El Dorado”, “My Answer” dan “Hurt.”

I’m sorry I can’t provide high quality photos T.T .Sangat susah bahkan untuk mengambil foto. Selain terhalang ponsel, lighstick, atau bando yang ada di depan-depan barisan, bagian pijakan yang memang kayu juga mudah bergoyang setiap ada yang loncat-loncat. Goncangan yang sering terjadi membuat sulit untuk mengambil gambar. But I must admit that I’m thankful with the fact that I still can’t see them with my own two eyes, even though I can’t meet Lay yet.

Terima kasih kepada Mecimapro atas usaha dan kerja kerasnya dalam mengadakan konser EXO.

Berikut adalah sedikit rincian berjalannya konser, berdasarkan ingatanku yang sudah mulai kabur (LOL). Kalau ada EXO-L lain yang hadir dan membaca postingan ini dan merasa ada kesalahan, terima kasih untuk mengingatkan ^^

  1. Overdose
  2. History
  3. El Dorado
  4. MENT
  5. Don’t Go
  6. Playboy
  7. Baby Don’t Cry
  8. My Answer
  9. My Turn to Cry – VCR
  10. The Star
  11. EXODUS
  12. Hurt
  13. VCR
  14. Peterpan
  15. XOXO
  16. Lucky
  17. 3.6.5
  18. MENT
  19. Christmas Day
  20. Miracle In December
  21. REMIX
  22. Machine
  23. Drop That
  24. Let Out the Beast
  25. Run
  26. VCR
  27. Call Me Baby
  28. Dub Step + Growl
  29. MENT
  30. LMR
  31. Promise Piano – VCR
  32. Sing for You
  33. MENT
  34. Unfair

#EXOLUXIONINA #EXOLUXIONinJakarta

27 Februari 2016

EXO from EXO PLANET #2 : The EXO’luXion

18.30 – 21.00

ICE – BSD City Serpong

Promoted by Mecimapro

.

Terima Kasih EXO!

Let’s meet again. 우리 꼭 만나요 !

Advertisements

4 thoughts on “[160227] EXO From EXOPLANET #2: The EXO’luXion in Jakarta #EXOLUXIONINA

  1. Hi there!
    Nice to know there’s someone who made a fan-account about the concert 🙂
    I was there too! We should’ve met ^^
    Dan aku juga sempat shock gara2 liat Chen ganteng banget!!
    Let’s meet on the next concert, ok?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s