[170902] Music Bank in Jakarta 2017

Kpopers pasti tahu dong kemarin (02/09) adalah hari dimana Music Bank World Tour 2017 diadakan di Jakarta. Ini adalah kali kedua Music Bank menggelar festival musik di Jakarta sejak pertama kali di tahun 2013 lalu. Di Music Bank in Jakarta 2017 ini ada 6 grup KPOP yang turut memeriahkan acara, yaitu EXO, B.A.P, Gfriend, Astro, dan NCT 127. Tidak lupa juga Music Bank kembali menggandeng Park Bo Gum dan Irene sebagai MC.

Niat awal aku nonton Music Bank ini sudah pasti karena ada EXO sebagai salah satu guest star. But, guest stars yang lain juga nggak kalah bagusnya kok. Apalagi ada Park Bo Gum dan Irene! ❤

Kali ini aku nonton bareng sama adikku (dia sendiri seorang Buddy–fan Gfriend). Di hari H, kami datang ke lokasi (Jakarta International Expo, masuk dari pintu 6A) sekitar pukul 10.00 pagi untuk menukarkan e-ticket ke tiket fisik. Antrian di loket H dibagi berdasarkan section. Saat kami antri, terlihat jelas perbedaan panjang antrian per-section. Antrian Red A dan Blue A (aku nggak lihat dimana Red B dan Blue B) termasuk cukup panjang. Kami sendiri antri di section Yellow A yang antriannya nggak terlalu panjang. Sementara itu, di section Silver dan Green hampir tidak ada antrian. Kurang tahu juga apa yang membuat perbedaan panjang antrian ini jelas banget. Mungkin karena section Red dan Blue memang lebih ramai atau bagaimana.

Loket H tempat penukaran e-ticket dan pembelian tiket offline.

Setelah menukarkan e-ticket ke tiket fisik, kami kembali mengikuti antrian untuk mendapatkan wristband dan masuk ke queueing zone (zona antrian). Disini antrian juga dibagi per-section dan terlihat juga perbedaan antrian antar section dimana antrian Red dan Blue terbilang panjang. Sebelum masuk dan mendapatkan wristband, ada security check (cek isi tas) untuk mengecek apakah kita membawa barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa masuk ke hall concert. Di security check ini makanan dan minuman masih boleh masuk ke queueing zone, tetapi barang lainnya seperti kamera tidak diperbolehkan masuk. Tiket kita juga disobek saat memasuki queueing zone. Tetapi walaupun tiket sudah disobek dan sudah memasuki queueing zone, kita tetap masih bisa keluar area zona antrian tersebut. Ketika kita akan keluar, tiket kita akan dicap dengan tanda re-entry dan kita bisa masuk lagi melalui bagian yang bertuliskan re-entry, tentunya dengan melakukan security check lagi.

Tiket Music Bank in Jakarta 2017

Di queueing zone sendiri terbagi atas 6 zona sesuai dengan nomor antrian. Zona 1 terdiri dari nomor antrian 1 sampai 150 untuk semua section. Zona 2 dari nomor 151 sampai 300, sementara zona 3 dari nomor 301 sampai 450. Zona 4 terdiri dari nomor antrian 451 sampai 600, zona 5 dari nomor 601 sampai 750, dan zona 6 untuk nomor antrian di atas 750. Untuk penggunaan nomor antrian ini terbilang cukup rapi jika dibandingkan dengan pengalamanku sebelumnya ketika nonton EXO’luXion tahun lalu dimana nomor antrian sama sekali tidak digunakan. Di Music Bank kemarin, nomor antrian ini benar-benar digunakan sebagai antrian untuk masuk ke hall concert. Mulai dari sekitar pukul setengah 4, zona 1 mulai dirapikan sesuai nomor urut dan section sebelum dibawa masuk ke antrian di depan hall concert. Setelah zona 1, disusul oleh zona 2 dan berikutnya. Aku sendiri mendapatkan nomor antrian 183 dan masuk zona 2.

Suasana di queueing zone.

Open gate dimulai sekitar pukul 17.00 kurang, tidak lama setelah aku mengantri di depan hall. Antrian di depan hall sendiri sudah dipisahkan sesuai section. Sebelum masuk ke hall concert, ada security check lagi di depan pintu hall. Ketika sudah di dalam, harus diakui kalau section Red menang banyak :”D karena posisi mereka terbilang dekat banget sama panggung. Selain itu ternyata para artis juga naik turun panggung lewat bawah, jadi mereka bolak-balik lewat di depan section Red.

Suasana antrian di depan hall concert sebelum open gate.

Pukul 17.00 aku sudah ada di dalam hall concert dan jujur rasanya bosan juga kalau masih harus menunggu sampai konser dimulai pukul 18.30. Tetapi sekitar pukul 17.30, diputarkan teaser Music Bank dan MV dari artis-artis yang akan tampil, mulai dari urutan debut terbaru. Pertama adalah MV NCT 127 “Cherry Bomb”, dilanjut dengan Astro “Baby”, Gfriend “Love Whisper”, EXO “Kokobop”, dan B.A.P “Warrior”. MV yang lain dari para artis ini juga diputar sampai waktu konser dimulai. Sebenernya dari pemutaran MV ini juga terlihat perbedaan teriakan fans. Teriakan-teriakan paling heboh adalah saat MV EXO diputar. Bahkan ketika MV “Lotto” diputar, ada juga fans yang meneriakkan nama Zhang Yixing (Lay) ketika member EXO yang berhalangan hadir itu muncul di MV. Sementara itu, ketika MV Gfriend diputar, terdengar fanchant dari para fanboy sepanjang lagu diputar. Ketika MV B.A.P diputar, bahkan terdengar suara peluit yang berkali-kali ditiup mengikuti irama lagu.

Muisc Video Astro diputar sebelum acara dimulai.

Muisc Video Gfriend diputar sebelum acara dimulai.

Beberapa fans terlihat sudah memotret panggung sebelum konser dimulai, termasuk aku sih ya. Aku baru tahu disini kalau ternyata ada beberapa yang berhasil menyelundupkan minuman botol dan ipad (yang seharusnya dilarang dibawa masuk ke hall concert). Jujur ketika ada yang menggunakan ipad untuk mengambil gambar itu sangat mengganggu karena ukuran ipad yang jelas lebih besar dari handphone pasti akan menghalangi pandangan yang berada di belakangnya. Ada juga yang melakukan live instagram tidak hanya ketika konser belum dimulai tetapi juga saat konser berlangsung.

Panggung Music Bank in Jakarta 2017

Konser dimulai pukul 18.30 WIB dengan pemutaran teaser Music Bank World Tour. Sebelum para artis naik ke panggung, ada cover dance sebagai pembukaan. Dimulai dengan cover dance NCT 127 “Limitless”, lalu para member NCT 127 pun muncul di atas panggung. Disusul dengan cover dance Astro “Baby” sebelum keenam member Astro muncul. Kemudian ada cover dance Gfriend “Me Gustas Tu” dan satu-satunya girlgroup yang tampil malam itu pun muncul di atas panggung. B.A.P muncul setelah cover dance “Warrior” dan delapan member EXO muncul setelah cover dance “Call Me Baby”. Ketiga MC yaitu Park Bo Gum, Irene dan Lolita muncul setelah para artis hadir di atas panggung. Irene is so beautiful and Park Bo Gum looks so cute and handsome. All MCs were dressed in black theme.

Para artist yang akan mengisi acara malam itu berkumpul di stage.

Ketiga MC dengan nuansa baju berwarna hitam.

Penampilan pertama adalah dari NCT 127 yang membawakan 5  lagu, “Firetruck”, “Good Thing”, “0 Mile”, “Limitless” dan “Cherry Bomb”. Sebelum lagu pertama, “Firetruck” dimulai, ada solo stage dari Taeyong. Sejujurnya, aku udah khawatir kalau NCT 127 nggak bakal bawain lagu “Cherry Bomb”, mengingat di Korea Selatan sendiri KBS nge-banned lagu itu karena liriknya dianggap mengandung kekerasan (kalau nggak salah)—pokoknya dianggap kurang appropriate untuk broadcast. Tapi mungkin karena ini acara festival dan bukan broadcast ya, jadi mereka dibolehin untuk bawain lagu itu. Sama kayak EXO yang juga nyanyiin “Lotto” sesuai versi aslinya. Kalau ada yang nggak tahu, ketika promosi “Lotto” di KBS Music Bank, EXO harus mengganti judul lagu mereka dengan “Louder” dan mengganti semua lirik lotto menjadi louder. Hal ini karena KBS menganggap Lotto adalah salah satu brand dan kurang appropriate untuk ditayangkan di televisi (dimana disana tidak boleh menyebutkan suatu brand tertentu dalam acara karena akan dianggap promosi).

Performance NCT 127.

Ketika kamera untuk layar meng-capture Taeyong, I must say that I doubt that he’s a human. WHY ON EARTH HE’S SO DAMN HANDSOME? He’s really handsome even with his pink hair that actually made him looks lovely.

Saat ment, beberapa member mencoba untuk berbicara dalam Bahasa Indonesia, walaupun aku sendiri kurang menangkap apa yang mereka katakan karena sound yang kurang jelas, ditambah dengan teriakan fans yang lebih keras dari suara mereka :”D Taeyong dan Winwin terlihat ‘mencontek’ dari telapak tangan mereka. Sepertinya mereka menuliskan kalimat yang ingin mereka ucapkan dalam Bahasa Indonesia di telapak tangan mereka 😀

Taeyong ‘mencontek’ dari telapak tangannya.

Setelah NCT 127 tampil, berikutnya adalah giliran Astro yang juga membawakan 5 lagu. By the way, aku baru mencari tahu tentang Astro setelah tahu mereka akan datang ke Music Bank ini, jadi aku belum terlalu familiar dengan lagu-lagu mereka. Ada juga yang aku tahu lagunya tapi nggak tahu judulnya apa. Satu-satunya lagu yang aku tahu cuman “Baby”, tapi setelah mendengarkan mereka di Music Bank kemarin, aku jadi pingin dengerin lagu-lagu mereka yang lain. Hehehe. Anyway! They’re so cute! Cha Eunwoo is undoubtedly handsome like all his photos. Ketika ment, para member Astro ini juga memperkenalkan diri mereka dalam Bahasa Indonesia. Maknae Yoon Sanha lalu mengusulkan supaya mereka menyanyikan lagu Indonesia yang mereka nyanyikan tahun lalu saat fanmeeting di Jakarta. Keenam member Astro ini lalu menyanyikan lagu “Kesempurnaan Cinta” milik Rizky Febrian. Sebelum melanjutkan ke lagu berikutnya, Jinjin juga sempat berkata “Kalian telah terciduk oleh kami.” LOL Jinjin! xD

Cha Eunwoo is so handsome!

Astro saat ment.

Setelah Astro tampil, ketiga MC kembali muncul dengan membahas drama-drama Korea yang populer di Indonesia. Stage berikutnya adalah spesial stage dari para artis yang akan menyanyikan OST dari drama Korea yang populer di Indonesia. Setelah teaser yang menampilkan drama-drama populer (seperti DOTS, Goblin, Moon Lovers, Moonlight Drawn by Clouds, dll), dua member B.A.P, Daehyun dan Youngjae muncul di atas panggung dan menyanyikan lagu “Tell Me! What Are You Doing?” dari K.Will yang merupakan OST Descendant of the Sun (DOTS). Stage kedua mungkin termasuk yang cukup menggemparkan xD. Gfriend Yuju tampil di stage yang berada di antara section Green menyanyikan lagu “Stay With Me” yang merupakan OST Goblin. Tentunya Yuju tidak sendiri menyanyikan lagu itu karena salah satu penyanyi asli lagu itu, EXO Chanyeol, muncul dari jalan di antara section-section (entah Green atau Yellow) dan bergabung dengannya di atas paggung kecil itu.

Honestly, sebelum konser mulai, aku sudah mencari rundown atau song list yang akan mereka nyanyikan dan ketika melihat bahwa Chanyeol akan berduet dengan Yuju, I’m so excited! Dari sebelumnya aku udah nebak kalau Yuju bakal duet sama seseorang, tapi awalnya aku ngira dia bakal duet sama Chen (tahulah, sesama main vocal gitu). Tapi yang jelas, collaboration stage Yuju dan Chanyeol ini adalah salah satu yang paling aku tunggu-tunggu. Walaupun sayang juga sih karena nggak bisa denger Chen nyanyi “Everytime” (OST DOTS) atau EXO-CBX nyanyi “For You” (OST Moon Lovers). Tapi, yah, ini kan panggung Music Bank, bukan panggung EXO aja >.<

Gfriend tampil dengan membawakan lagu-lagu hits mereka juga, “Rough”, “Navillera”, “Me Gustas Tu”, “Fingertip”, dan yang terbaru “Love Whisper”. Oh ya, Gfriend juga sempat memberikan bocoran kalau mereka sedang merencanakan fanmeeting dan mereka mungkin akan datang kembali ke Indonesia!

Performance Gfriend.

Yuju voice’s so beautiful!

B.A.P tampil setelah Gfriend. Jujur, aku juga kurang tahu tentang B.A.P dan lagu-lagunya. Mereka membawakan 5 lagu, “Warrior”, “Wake Me Up”, “That’s My Jam”, “No Mercy”, dan “Bang X2”. I must say, I thought Zelo have a very fair skin. Is it true or not?

B.A.P saat ment.

Setelah B.A.P, ada special stage lagi. Kali ini NCT 127 mengcover lagu “Lucifer” milik SHINee dan “Sorry Sorry” milik Super Junior. Tidak hanya NCT 127, Gfriend juga turut mengcover lagu “Pretty U” milik Seventeen, “I Need You” milik BTS, dan “Growl” milik EXO.

Last but not least, mungkin adalah stage yang paling dinantikan jika dilihat dari teriakan para fans yang meneriakkan nama EXO berkali-kali. Bahkan setelah B.A.P selesai dengan penampilan mereka dan sebelum special stage NCT 127 dan Gfriend dimulai, fans sudah meneriakkan nama EXO berkali-kali sampai membuat Park Bo Gum menempelkan jarinya ke bibir, meminta fans untuk diam terlebih dulu supaya MC bisa berbicara.

Jujur aja nih, dari posisi aku di Yellow, waktu NCT 127, Astro dan Gfriend perform, aku masih bisa lihat ke arah panggung walaupun mereka memang terlihat kecil-kecil dan jauh disana. Mulai dari B.A.P perform, aku udah harus sedikit jinjit kalau mau lihat ke arah panggung. Tapi, begitu stage EXO dimulai, aku sama sekali nggak bisa lihat ke panggung. Kayaknya yang di depan-depan aku juga pada jinjit-jinjit semua jadi percuma juga aku jinjit, tetep aja nggak kelihatan x”D

Alhasil aku cuman nonton lewat layar yang untungnya HD banget! Rasanya bahkan jauh lebih HD daripada layar di EXO’luXion. Entah ini karena jarak atau kamera atau hanya perasaanku aja ya. Hehehe.

As expected, EXO looks better in person, walaupun aku juga lihatnya lewat layar. Tapi seperti yang aku bilang di EXO’luXion kemarin, they’re definitely and undoubtedly handsome! Menurutku, Chen masih jadi member yang terlihat jauh lebih ganteng kalau lihat aslinya. Who dare to say that he’s ugly again?

EXO membawakan 5 lagu, dimulai dari “Kokobop” dan disusul “The Eve”. Terikan para fans bener-bener nggak terkontrol banget pas lagu “The Eve” dimainkan x”D. Selain itu EXO juga membawakan lagu “Tender Love” dimana sebelumnya Suho meminta para fans untuk mengangkat lightstick mereka. Yang EXO-L mungkin tahu dong ya kalau lagu “Tender Love” punya gerakan sendiri menggunakan lightstick. Setelah itu juga ada lagu “Heaven” dan terakhir “Lotto”.

Sayangnya, Chanyeol sepertinya lagi cidera karena dia nggak ikut nge-dance bareng membernya yang lain. Ketika EXO perform, Chanyeol hanya bisa duduk di kursi. I hope he’s okay and will get well soon.

Saat ment, Suho sempat meminta maaf karena EXO tidak bisa datang ke Indonesia untuk konser EXO’rDium mereka. Ia berharap bisa datang ke Indonesia untuk konser berikutnya. Just prepare your money, fellow EXO-Ls!

Di antara perpindahan lagu (sebelum lagu “Heaven”—kalau ingatanku nggak salah), EXO ternyata punya special surprise. Jadi di awal sebelum mulai konser, ada kotak yang diedarkan dimana fans diminta untuk memasukkan nomor hp (dan nomor antrian beserta section, kalau nggak salah) mereka. Ternyata, EXO menggunakannya untuk menelepon satu lucky fan! Satu penggemar yang beruntung itu bisa naik ke atas panggung untuk berfoto bersama EXO! EXO sempat dua kali menelepon tapi tersambung ke voicemail (I can’t imagine their feelings if they knew EXO had tried to call them and they just missed a chance to take a selfie with them!) sebelum akhirnya tersambung ke salah satu penggemar yang beruntung itu. Tidak hanya berfoto bersama, saat akan meninggalkan stage, fan cewek ini berbalik lagi ke arah EXO yang sudah kembali menghadap ke arah penonton dan menghampiri Baekhyun dan memeluknya. Baekhyun awalnya sempat terlihat kaget, tapi ia membalas memeluk penggemar itu sementara member EXO yang lainnya tertawa.

Saat lagu “Heaven” (kalau nggak salah), member EXO menyebar ke berbagai sudut panggung untuk menyapa fans. Sehun tertangkap kamera sedang mengambil kamera milik fans dan menggunakannya untuk ber-selfie bersama fans tersebut. How lucky! Sayangnya, posisi panggung hanya memungkinkan EXO untuk berinteraksi dengan fans yang berada di dekat panggung saja, yaitu section Red (dan mungkin Blue).

Sehun mengambil kamera fans.

Sehun menggunakan kamera fans untuk selfie bersama.

Lastly, dengan berakhirnya performance dari EXO dengan lagu “Lotto”, berakhir juga rangkaian acara Music Bank in Jakarta malam itu. Semua artis beserta MC berkumpul di atas panggung untuk memberikan salam terakhir mereka. Jujur aku nggak nangkep banyak apa yang mereka ucapin karena selain memang sepertinya sound dari mic mereka tidak terlalu keras, teriakan fans juga membuat semakin sulit untuk mendengar apa yang mereka katakan. Di akhir acara, semua artis menyanyikan lagu “Bounce” yang sepertinya adalah lagu wajib untuk setiap festival musik disana ya xD

Ketiga MC mengucapkan salam perpisahan di akhir acara.

Para artis juga terlihat melemparkan entah kain, atau handbanner, atau handuk yang sudah mereka tanda tangani ke arah penonton. Gfriend Yuju masih terlihat berada di atas panggung bahkan sampai musik sudah berhenti dimainkan dan para artis lain sudah meninggalkan panggung. Beberapa penonton juga sudah meninggalkan tempat, tapi Yuju masih melambaikan tangannya ke beberapa fans dan terlihat masih melemparkan beberapa handuk itu. Tidak lama kemudian terlihat Sowon menghampiri Yuju dan mereka masih sempat berkeliling stage sebelum akhirnya masuk ke backstage sambil berangkulan.

Oh ya, Park Bo Gum juga sempat membahas mengenai fanmeeting-nya di Jakarta beberapa waktu lalu. Ia juga sempat menyanyikan lagu “Untukku” milik almarhum Chrisye. Kabarnya lagu itu sempat dinyanyikan Park Bo Gum saat fanmeeting-nya kemarin.

Secara keseluruhan, acara ini sebenarnya lebih baik daripada EXO’luXion tahun lalu (menurut aku pribadi). Walaupun tentu semua pihak sudah bekerja keras dengan baik dan tentunya tidak mudah untuk mewujudkan konser KPOP seperti ini. Music Bank kali ini sudah lebih teratur walaupun ternyata banyak barang yang seharusnya dilarang tapi lolos di security check (EXO’luXion tahun lalu lebih ketat soal security check). Selain itu masih banyak juga teriakan-teriakan fans yang menurutku terlalu berlebihan, tapi aku akan menganggap hal itu wajar karena saking excited-nya melihat idola ya. Walaupun, ya, secara pribadi, menurutku ada beberapa yang berlebihan dan hanya membuat tenggorokan dan telinga yang mendengar juga sakit (selain juga membuat yang lain jadi tidak mendengar dan menikmati suara oppadeul).

I won’t forget to say thank you, walaupun tidak secara langsung. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mewujudkan Music Bank in Jakarta 2017 ini.

I still haven’t had any chance to meet Lay yet and I still count to the day when I can finally meet him!

#MUBANKinJakarta2017

2 September 2017

Music Bank in Jakarta 2017

18.30 – 22.00

Jakarta International EXPO

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s